Macam-Macam Kutil

Benjolan kecil yang tumbuh pada kulit tubuh disebut dengan kutil, atau dalam bahasa medis disebut Papilloma. Kutil merupakan sejenis tumor jinak pada kulit yang berasal dari penebalan lapisan luar kulit yang berlebihan.

Bentuk dan ukuran kutil sangat beragam, ada yang sebesar kacang polong dan ada juga yang lebih besar. Jika disentuh tidak terasa sakit, tetapi akan sangat nyeri jika kutil tersebut tumbuh sudah sangat besar dan bisa mengeluarkan darah.

Kutil adalah pertumbuhan kulit yang disebabkan oleh human pappiloma virus (HPV) yang merupakan salah satu virus penyebab kanker serviks (leher rahim). Tapi kutil termasuk kategori non-kanker. Virus ini hanya menyebabkan keratin yaitu protein keras di lapisan epidermis (lapisan atas kulit) yang tumbuh terlalu cepat.

Secara garis besar, kutil dibedakan menjadi dua, yakni veruca vulgaris (caplak) dan epidermodysplasia verruci-formis. Epiderma artinya kulit, dysplasia adalah sel-sel yang membelah, sedangkan verruci-formis artinya bertangkai menyerupai jengger ayam. Jadi epidermodysplasia verruciformis berarti sel-sel kulit yang membelah bertangkai menyerupai jengger ayam, yang disebabkan oleh HPV.

Para ahli mengungkapkan ada beberapa jenis kutil yaitu:

1. Veruka Vulgaris

Kutil sejenis ini memiliki permukaan yang sangat kasar, serta tekstur yang berupa jendolan yang menebal dan disebut dengan papula atau plak. Banyak ditemui pada setiap bagian tubuh, namun lebih sering timbul di jari-jari, siku dan lutut. Banyak terdapat bintik-bintik kecil yang gelap, berasal dari pembuluh darah beku.

2. Veruka Plantaris

Kutil yang tumbuh pada telapak kaki, namun terkadang tumbuh pada tumit dan jari kaki. Bentuknya datar karena mengalami penekanan akibat berjalan

3. Veruka Plana

Kutil ini berbentuk bulat, datar, mulus dan pada umumnya berwarna kuning, kecoklatan, atau bahkan warna kulit. Sering ditemukan pada tangan, kaki serta wajah.

4.Viruka Filiformis

Merupakan kutil yang bentuknya memanjang, yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher atau bibir.

5. Kondiloma akuminata (genital warts)

Kutil lembab yang ditemukan di daerah kemaluan. Disebabkan oleh virus yang menular lewat hubungan kelamin. Kutil kelamin terlihat kecil atau kelihatan seperti kembang kol.


=====================================

>>> Plester Obat Kutil / Mata Ikan Untuk Mengobati Penyakit Kutil / Mata Ikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kutil and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *