Cara Mencegah Kutil

Kutil atau veruka adalah pertumbuhan kulit jinak yang berukuran kecil. Kutil bisa tumbuh pada siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa. Tetapi kutil lebih sering ditemukan pada anak-anak. Kutil mudah menyebar dan tumbuh dari satu bagian ke bagian tubuh lainnya.

Kutil yang tumbuh pada tubuh manusia disebabkan oleh onfeksi Human Papillonavirus. Kutil terbagi atas bermacam-macam jenis, di antaranya :

1. Kutil Biasa (Veruka Vulgaris)

Kutil biasa merupakan papul jinak yang dapat tumbuh pada bagian kulit manapun. Terdapat banyak turunan HPV, sebagian diantaranya cenderung menginfeksi jari dan tangan sehingga menimbulkan kutil biasa.

2. Kutil Plantar

Kutil plantar adalah kutil yang tumbuh di bagian bawah kaki yang meluas ke dalam dan bukan keluar. Bentuk kutil ini cenderung datar, karena kaki menopang berat nya tubuh.

3. Kutil Datar

Kutil datar sering ditemukan pada anak-anak dan dewasa muda, biasanya tumbuh dalam suatu kelompok bintik-bintik halus berwarna kuning-coklat di wajah

4. Veruka Filiformis

Veruka filiformis merupakan kutil yang bentuknya memanjang yang biasanya ditemukan di kelopak mata, wajah, leher atau bibir.

5. Kutil Genital

Berdasarkan dari beberapa penelitian yang telah dilakukan, lebih dari 40% wanita muda menggunakan pusat kesehatan universitas perawatan ginekologis, mereka mengidap kutil genital. Sebagian turunan HPV cenderung menginfeksi daerah alat kelamin atau anus, menimbulkan kutil genital. Kutil ditularkan melalui kontak kulit ke kulit. Kutil genital dianggap sebagai penyakit menular seksual. Turunan tertentu kutil genital diketahui berkaitan dengan kanker serviks; turunan lain tidak cenderung menjadi kanker. Risiko terbentuknya kanker serviks sangat tinggi pada wanita pengidap kutil genital yang merokok. Hal ini kemungkinan besar berkaitan dengan kenyataan bahwa mukus serviks mengandung banyak toksin tembakau, yang mungkin bekerja secara sinergistis dengan HPV untuk menimbulkan kanker.

Untuk mencegah tumbuhnya kutil pada tubuh, berikut ini merupakan cara-cara nya :

1. Mandi Bersih

Sangat diajurkan untuk mandi dua kali dalam sehari dengan air bersih dan jangan mandi di sembarangan tempat seperti WC Umum atau sungai. Gunakan sabun sesuai dengan jenis kulit Anda dan pastikan Anda mandi dengan bersih sehingga tidak ada sisa-sisa kotoran atau sabun masih menempel di kulit.

2. Luluran

Lakukan luluran secara rutin seminggu sekali. Lulur berfungsi menyehatkan, menghaluskan, dan menyegarkan kulit. Pilihlah lulur yang terbuat dari bahan alami untuk menghindari kemungkinan terjadinya efek samping.

3. Hindari berganti baju dengan orang lain

Hindari memakai baju yang habis dipakai orang lain. Baju bekas dipakai tersebut dapat menjadi sumber penularan virus HPV.

4. Hindari seks bebas

Virus HPV penularannya melalui hubungan seks. Oleh karena itu, hindari seks bebas. Lakukan hanya dengan pasangan yang sah.

5. Lakukan imunisasi HPV

Imunisasi itu dapat mencegah penularan virus HPV. Khususnya bagi wanita, imunisasi ini dapat pula mencegah kemungkinan terjadinya kanker leher rahim yang banyak menyerang wanita saat ini.


=====================================

>>> Plester Obat Kutil / Mata Ikan Untuk Mengobati Penyakit Kutil / Mata Ikan, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Kutil and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>